Minggu, 21 Desember 2014

Lapisan Atmosfer Bumi

Atmosfer adalah lapisan gas yang menyelimuti permukaan planet dengan ketinggian dan ketebalan tertentu. Seperti halnya planet lain, bumi juga memiliki lapisan atmosfer hingga beberapa ratus kilometer dari permukaan yang biasa kita sebut udara.

Bagian-bagian yang menyusun atmosfer bumi.

Dibagian atas atmosfer bumi tidak diketahui secara pasti batasan akhirnya, namun yang jelas semakin tinggi lapisan atmosfer tersebut dari permukaan bumi, maka akan semakin tipis pula atmosfer tersebut.

Seperti pada gambar diatas, atmosfer bumi terdiri dari beberapa lapisan yaitu:
  1. Troposfer. Adalah bagian atmosfer yang terletak paling rendah, mulai dari permukaan bumi hingga pada ketinggian kurang lebih 10 Km. Pada lapisan troposfer ini, semua kehidupan dimuka bumi terlindungi dari segala radiasi berbahaya dari luar angkasa. Suhu pada permukaan terendah, yaitu pada permukaan laut pada troposfer rata-rata adalah 30 C, dan setiap kenaikan 100 meter suhu turun sebesar 0,61 C.
  2. Stratosfer. Lapisan atmosfer ini memiliki ketebalan sekitar 30 Km dan lapisan yang kedua setelah troposfer. Pada lapisan ini angin bertiup sangat kencang dan lapisan ini juga merupakan jalur penerbangan bagi pesawat komersil tipe boeing dan sejenisnya. Suhu pada lapisan paling bawah (berbatasan dengan troposfer) adalah sekitar -57 C. Berbeda dengan lapisan troposfer, pada lapisan ini semakin tinggi udara semakin hangat yaitu sekitar 18 C pada ketinggian sekitar 40 Km dari permukaan bumi. Hal ini terjadi karena pada lapisan ini konsentrasi lapisan ozon sangat tinggi dan lapisan tersebut menyerap radiasi sinar ultra violet matahari yang masih lolos dari penyerapan lapisan diatasnya.
  3. Mesosfer. Lapisan ini merupakan lapisan ketiga penyusun atmosfer bumi, dan memiliki ketebalan sekitar 40 Km diatas stratosfer. Suhu pada lapisan ini turun drastis dari lapisan sebelumnya yaitu sekitar -143 C pada bagian teratas. Hal ini terjadi karena ketinggiannya dan tekanan yang semakin rendah. Lapisan mesosfer ini sangat melindungi bumi dari hantaman benda-benda luar angkasa yang masuk pada orbit bumi, karena sebagian besar benda-benda tersebut akan terbakar ketika melewati lapisan ini dengan kecepatan tinggi.
  4. Termosfer. Termosfer merupakan lapisan penyusun atmosfer bumi yang keempat dan berada diatas permukaan bumi mulai dari ketinggian sekitar 80 Km. Pada lapisan ini suhunya naik secara drastis karena disinilah sebenarnya terjadi penyerapan radiasi sinar ultra violet dari matahari sehingga terjadi reaksi kimia yang menyebabkan kenaikan suhu. Pada lapisan ini juga terbentuk lapisan bermuatan listrik yang dapat memantulkan gelombang radio kembali ke permukaan bumi. Pada lapisan termosfer, suhunya mencapai sekitar 1.200 C pada lapisan teratas dan lapisan ini memiliki ketebalan sekitar 650 Km.
Grafik tinggi lapisan atmosfer dan perubahan suhunya.
  • Komposisi lapisan atmosfer bumi.
Atmosfer bumi tersusun dari berbagai macam gas dengan kandungan tertentu yang kita sebut udara. Atmosfer tersusun dari :
  1. Karbondioksida (0,01 - 0,1%)
  2. Nitrogen (78%)
  3. Oksigen (21%)
  4. Argon (1%)
  5. Air (0 - 7%)
  6. Ozon (0,0 - 0,01%)
Kandungan komposisi atmosfer tersebut dapat berubah akibat dari perubahan alam (pemanasan global).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar